VLOG #9 SERI BERBAGI DAN BERKOLABORASI PRAKTIK BAIK @SDN 6 SELAT HILIR KAB. KAPUAS

 

VLOG #9 SERI BERBAGI DAN BERKOLABORASI PRAKTIK BAIK @SDN 6 SELAT HILIR KAB. KAPUAS

Nama Kegiatan: Pemanfaatan Platform Digital Pendidikan dalam Pembelajaran Berdiferensiasi
Hari, Tanggal: Senin, 23 Oktober 2023
Tempat: SDN 6 Selat Hilir Kab. Kapuas
Jumlah Peserta: 5 orang


“Pendidikan bukan persiapan untuk hidup. Pendidikan adalah hidup itu sendiri” - John Dewey



Dalam era yang tak pernah berhenti berkembang ini, dunia pendidikan dan teknologi semakin menyatu. Inovasi pembelajaran menjadi fondasi esensial untuk mengukir mutu pendidikan yang lebih unggul. Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) hadir sebagai terobosan cemerlang yang tidak hanya membangkitkan semangat belajar siswa, tetapi juga merajut pengalaman belajar yang mendalam dan menyuguhkan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan unik setiap individu

SDN 6 Selat Hilir


Pada hari Senin tanggal 23 Oktober 2023 Pukul 010.00-11.00 WIB, saya mempunyai kesempatan luar biasa untuk berbagi pengalaman praktik terbaik dalam inovasi pembelajaran di SSDN 6 Selat Hilir, yang terletak di Dalam Kota Kapuas Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah. Sekolah ini lumayan jauh dari sekolah saya, perlu 2 Jam perjalanan darat untuk mencapainya. Tujuan utama saya adalah untuk berbagi wawasan dan pengetahuan saya dengan para guru, dengan harapan bahwa mereka akan mendapatkan inspirasi dari apa yang telah saya lakukan, sementara saya sendiri mendapatkan masukan yang berharga.  

Pemaparan Materi

Sebelumnya, saya telah melaksanakan sesi pembelajaran yang berfokus pada diferensiasi pembelajaran dan didukung oleh TPACK. Alat yang saya gunakan adalah Multimedia Pembelajaran Interaktif yang saya buat melalui platform Canva. Pilihan saya jatuh pada Canva karena aplikasi ini telah menjadi familiar bagi sebagian besar guru dan sangat user-friendly dalam pembuatan serta penggunaannya. Saya berkesempatan untuk menyampaikan praktik terbaik ini kepada para guru dan memamerkan Multimedia Pembelajaran Interaktif yang telah saya buat.


Diskusi tanya jawab

Saya sangat disambut baik oleh Kepala Sekolah , Ibu Agustina , M.Pd dan rekan-rekan guru disana. Saya sangat bersyukur karena ada 6 peserta yang hadir dalam kegiatan ini. Respons dari para guru sangat positif, mereka menyambut inovasi ini dengan tangan terbuka dan dengan antusiasme tinggi. Mereka menunjukkan minat yang besar untuk menerapkan konsep ini dalam kelas mereka sendiri. Saya dan para guru berencana untuk menjadwalkan kegiatan selanjutnya untuk pembuatan Multimedia Pembelajaran Interaktif ini, yang akan memberikan manfaat yang lebih besar bagi proses belajar mengajar di sekolah ini.

Bersama Guru-Guru SDN 6 Selat Hilir

Saya berharap pengalaman ini dapat menginspirasi para guru untuk menerapkan inovasi pembelajaran dalam kelas mereka. Inovasi pembelajaran dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.




#PusdatinKemendikbudristerk #BLPTKemendikbudristek #MerdekaBelajar #PembaTIK2023 #SahabatTeknologiKemendikbudristek #PlatformMerdekaMengajar

DAFTAR HADIR

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONVERSI SATUAN LUAS

PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS MASALAH BERBANTUAN TPACK

PENGUATAN LITERASI NUMERASI