VLOG #9 SERI BERBAGI DAN BERKOLABORASI PRAKTIK BAIK @SDN 6 SELAT HILIR KAB. KAPUAS
Dapatkan link
Facebook
Twitter
Pinterest
Email
Aplikasi Lainnya
-
VLOG #9 SERI BERBAGI DAN BERKOLABORASI PRAKTIK BAIK @SDN 6 SELAT HILIR KAB. KAPUAS
Nama Kegiatan: Pemanfaatan Platform Digital Pendidikan dalam Pembelajaran Berdiferensiasi
Hari, Tanggal: Senin, 23 Oktober 2023
Tempat: SDN 6 Selat Hilir Kab. Kapuas
Jumlah Peserta: 5 orang
“Pendidikan bukan persiapan untuk hidup. Pendidikan adalah hidup itu sendiri” - John Dewey
Dalam era yang tak pernah berhenti berkembang ini, dunia pendidikan dan teknologi semakin menyatu. Inovasi pembelajaran menjadi fondasi esensial untuk mengukir mutu pendidikan yang lebih unggul. Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) hadir sebagai terobosan cemerlang yang tidak hanya membangkitkan semangat belajar siswa, tetapi juga merajut pengalaman belajar yang mendalam dan menyuguhkan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan unik setiap individu
SDN 6 Selat Hilir
Pada hari Senin tanggal 23 Oktober 2023 Pukul 010.00-11.00 WIB, saya mempunyai kesempatan luar biasa untuk berbagi pengalaman praktik terbaik dalam inovasi pembelajaran di SSDN 6 Selat Hilir, yang terletak di Dalam Kota Kapuas Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah. Sekolah ini lumayan jauh dari sekolah saya, perlu 2 Jam perjalanan darat untuk mencapainya. Tujuan utama saya adalah untuk berbagi wawasan dan pengetahuan saya dengan para guru, dengan harapan bahwa mereka akan mendapatkan inspirasi dari apa yang telah saya lakukan, sementara saya sendiri mendapatkan masukan yang berharga.
Pemaparan Materi
Sebelumnya, saya telah melaksanakan sesi pembelajaran yang berfokus pada diferensiasi pembelajaran dan didukung oleh TPACK. Alat yang saya gunakan adalah Multimedia Pembelajaran Interaktif yang saya buat melalui platform Canva. Pilihan saya jatuh pada Canva karena aplikasi ini telah menjadi familiar bagi sebagian besar guru dan sangat user-friendly dalam pembuatan serta penggunaannya. Saya berkesempatan untuk menyampaikan praktik terbaik ini kepada para guru dan memamerkan Multimedia Pembelajaran Interaktif yang telah saya buat.
Diskusi tanya jawab
Saya sangat disambut baik oleh Kepala Sekolah , Ibu Agustina , M.Pd dan rekan-rekan guru disana. Saya sangat bersyukur karena ada 6 peserta yang hadir dalam kegiatan ini. Respons dari para guru sangat positif, mereka menyambut inovasi ini dengan tangan terbuka dan dengan antusiasme tinggi. Mereka menunjukkan minat yang besar untuk menerapkan konsep ini dalam kelas mereka sendiri. Saya dan para guru berencana untuk menjadwalkan kegiatan selanjutnya untuk pembuatan Multimedia Pembelajaran Interaktif ini, yang akan memberikan manfaat yang lebih besar bagi proses belajar mengajar di sekolah ini.
Bersama Guru-Guru SDN 6 Selat Hilir
Saya berharap pengalaman ini dapat menginspirasi para guru untuk menerapkan inovasi pembelajaran dalam kelas mereka. Inovasi pembelajaran dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.
KONVERSI SATUAN LUAS Cara mengkonversi satuan luas sama seperti mengkonversi satuan panjang . Satuan luas sering diakhiri dengan kata persegi, seperti kilometer persegi dan meter persegi. Kata persegi dapat ditulis dengan angka pangkat dua, seperti meter persegi dapat ditulis dengan m 2 . Untuk lebih jelasnya perhatikan konversi satuan luas berikut. Cara menggunakan tangga satuan luas yakni: Setiap naik satu tangga maka nilai satuan dibagi 100 dan jika naik sebanyak n tangga maka nilai satuan dibagi 100 n . Setiap turun satu tangga maka nilai satuan dikali 100 dan jika turun sebanyak n tangga maka nilai satuan dikali 100 n . Ada juga konversi dengan satuan yang berlaku di beberapa negara. Satuan ini dapat diubah ke satuan m 2 yakni: 1 are = 100 m 2 1 hektar = 100 are = 10.000 m 2 Contoh Soal Ayah membeli tanah dengan luas 2,5 are. Berpakah luas tanah ayah jika dinyatakan ke dalam satuan m 2 , km 2 dan cm 2 ? Pembahasan: Perhati
PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS MASALAH BERBANTUAN TPACK Halo, Sahabat Merdeka Mengajar! Perkenalkan saya Gufron Firmansyah, guru di SMK Negeri 2 Mantangai Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah. Kali ini saya akan berbagi pengalaman saya tentang pembelajaran inovatif yang saya lakukan di kelas. Pembelajaran inovatif yang saya lakukan adalah "Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Masalah memanfaatkan TPACK". Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Masalah memanfaatkan TPACK adalah model pembelajaran yang menggabungkan dua pendekatan pembelajaran, yaitu pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran berbasis masalah. Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa yang beragam. Dalam pembelajaran berdiferensiasi, guru menyediakan berbagai strategi, sumber belajar, dan kegiatan pembelajaran yang berbeda-beda untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa yang berbeda-beda. Pembelajaran berbasis masalah adalah pendekat
Mengembangkan Literasi Numerasi di Sekolah: Membaca 15 Menit dan Ice Breaking Ganjil-Genap Literasi numerasi adalah kemampuan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Ia tidak hanya berfokus pada matematika murni, tetapi juga melibatkan pemahaman tentang angka, statistik, dan kemampuan berpikir kritis. Di sekolah, pengembangan literasi numerasi bisa menjadi tantangan, tetapi saya ingin berbagi dengan Anda pendekatan yang menarik dan efektif yang telah saya terapkan. Dalam postingan ini, saya akan membahas dua kegiatan kunci yang telah saya terapkan: "Membaca 15 Menit" dan "Ice Breaking Ganjil-Genap." kegiatan literasi Membaca 15 Menit Membaca adalah fondasi dari literasi, dan itulah mengapa saya memulai setiap pembelajaran dengan "Membaca 15 Menit." Dalam kegiatan ini, siswa kami diberi waktu 15 menit untuk membaca buku fiksi favorit mereka. Tidak hanya itu, setelah membaca, mereka diminta untuk merefleksikan pengalaman membaca mereka melalui jurna
Komentar
Posting Komentar