VLOG #3 SERI BERBAGI DAN BERKOLABORASI PRAKTIK BAIK @SMPN 5 KAPUAS BARAT KAB. KAPUAS

VLOG #3 SERI BERBAGI DAN BERKOLABORASI PRAKTIK BAIK @SMPN 5 KAPUAS BARAT  KAB. KAPUAS

Nama Kegiatan: Pemanfaatan Platform Digital Pendidikan dalam Pembelajaran Berdiferensiasi
Hari, Tanggal: Rabu, 16 Oktober 2023
Tempat: SMPN 5 Kapuas Barat Kecamatan Kapuas Barat  Kab. Kapuas
Jumlah Peserta: 6 orang


Dunia pendidikan terus bermetamorfosis seiring laju perkembangan teknologi. Di tengah laju perubahan ini, inovasi pembelajaran menjadi tiang utama yang harus diterapkan guna mengangkat standar kualitas pendidikan. Salah satu terobosan yang semakin mendominasi panggung pendidikan adalah Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI). MPI adalah kunci untuk membuka pintu ke dunia belajar yang lebih menarik dan terhubung erat dengan siswa.

MPI bukan sekadar inovasi, tetapi juga katalisator yang menghidupkan proses belajar mengajar. Dengan menggabungkan teknologi dan pendidikan, MPI mampu merangsang motivasi belajar siswa hingga puncaknya, memberikan pengalaman belajar yang mendalam dan tak terlupakan, serta mengaktifkan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan setiap individu. Dengan kata lain, MPI membuka jalan bagi pembelajaran yang tak hanya informatif, tetapi juga inspiratif, memberikan daya ungkit bagi masa depan pendidikan yang lebih cerah.

SMPN 5 Kapuas Barat

Pada tanggal 18 Oktober 2023, saya mempunyai kesempatan luar biasa untuk berbagi pengalaman praktik terbaik dalam inovasi pembelajaran di SMP Negeri 5 Kapuas Barat, yang terletak di Desa Lamunti II C5 Desa Basuta Raya Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah. Jadi saya kali ini pergi ke kecamatan sebelah untuk melakukan pengimbasan. Tujuan utama saya adalah untuk berbagi wawasan dan pengetahuan saya dengan para guru, dengan harapan bahwa mereka akan mendapatkan inspirasi dari apa yang telah saya lakukan, sementara saya sendiri mendapatkan masukan yang berharga.  

Pemaparan Materi


Sebelumnya, saya telah melaksanakan sesi pembelajaran yang berfokus pada diferensiasi pembelajaran dan didukung oleh TPACK. Alat yang saya gunakan adalah Multimedia Pembelajaran Interaktif yang saya buat melalui platform Canva. Pilihan saya jatuh pada Canva karena aplikasi ini telah menjadi familiar bagi sebagian besar guru dan sangat user-friendly dalam pembuatan serta penggunaannya. Saya berkesempatan untuk menyampaikan praktik terbaik ini kepada para guru dan memamerkan Multimedia Pembelajaran Interaktif yang telah saya buat.
Diskusi tanya jawab

Sambutan hangat dari Kepala Sekolah, Pak Anwar Mikhaharap, S.Pd., M.A., dan rekan-rekan guru di SMP Negeri 5 Kapuas Barat sungguh menghangatkan hati saya. Keberadaan enam peserta yang hadir dalam acara ini adalah awal yang menjanjikan. Respons yang sangat positif dari para guru adalah suatu keberuntungan besar, mengingat bahwa mereka menerima inovasi ini dengan tangan terbuka dan antusiasme yang membara. Semangat dan minat yang besar dari mereka untuk menerapkan konsep ini dalam kelas masing-masing adalah tanda kebahagiaan sejati.

Bersama Guru-Guru SMPN 5 Kapuas Barat


Kami, saya dan para guru, sekarang memiliki rencana untuk menjadwalkan kegiatan berikutnya yang akan fokus pada pembuatan lebih banyak Multimedia Pembelajaran Interaktif. Kami percaya bahwa langkah ini akan memberikan manfaat yang lebih besar bagi proses belajar mengajar di SMP Negeri 5 Kapuas Barat. Dalam kenyamanan kolaborasi, kami berharap dapat menciptakan lingkungan belajar yang semakin inspiratif dan berdaya guna bagi siswa kami.


#PusdatinKemendikbudristerk
#BLPTKemendikbudristek
#MerdekaBelajar
#PembaTIK2023
#SahabatTeknologiKemendikbudristek 
#PlatformMerdekaMengajar 

DAFTAR HADIR

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONVERSI SATUAN LUAS

PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS MASALAH BERBANTUAN TPACK

PENGUATAN LITERASI NUMERASI