VLOG #1 SERI BERBAGI DAN BERKOLABORASI PRAKTIK BAIK @SMKN 2 MANTANGAI KAB. KAPUAS

VLOG #1 SERI BERBAGI DAN BERKOLABORASI PRAKTIK BAIK @SMKN 2 MANTANGAI KAB. KAPUAS


Nama Kegiatan: Pemanfaatan Platform Digital Pendidikan dalam Pembelajaran Berdiferensiasi
Hari, Tanggal: Senin, 16 Oktober 2023
Tempat: SMKN 2 Mantangai Kab. Kapuas
Jumlah Peserta: 8 orang

“Pendidikan adalah senjata paling mematikan di dunia, karena dengan pendidikan, kamu dapat mengubah dunia” – Nelson Mandela

Dunia pendidikan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Inovasi pembelajaran menjadi salah satu hal penting yang perlu diterapkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) merupakan salah satu inovasi pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam, dan memfasilitasi pembelajaran yang adaptif.
SMKN 2 Mantangai

Pada tanggal 16 Oktober 2023, saya berkesempatan luar biasa untuk berbagi pengalaman praktik terbaik dalam inovasi pembelajaran di SMK Negeri 2 Mantangai, sebuah sekolah yang berlokasi di Desa Manusup, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah. Saya merasa sangat bersyukur bisa menjadi bagian dari upaya meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah kami dan lebih luas lagi di lingkungan pendidikan.

Pemaparan Materi


Sebelumnya, saya telah melaksanakan sebuah sesi pembelajaran yang berfokus pada dua konsep utama: diferensiasi pembelajaran dan penggunaan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). Untuk mendukung sesi ini, saya memanfaatkan alat yang sangat populer dan ramah pengguna, yakni Canva, untuk menciptakan Multimedia Pembelajaran Interaktif. Keputusan saya memilih Canva didasarkan pada kenyamanan dan kefamiliaran yang dimiliki banyak guru terhadap platform ini. Saya percaya bahwa alat yang mudah digunakan ini akan mendorong rekan-rekan guru untuk lebih aktif dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran mereka.

Diskusi tanya jawab


Saat saya memamerkan Multimedia Pembelajaran Interaktif yang telah saya buat, saya merasa sangat terinspirasi oleh semangat dan antusiasme para guru yang hadir. Mereka merespon inovasi ini dengan penuh antusiasme dan terbuka untuk mencoba konsep ini dalam lingkungan kelas mereka masing-masing. Respons yang sangat positif ini benar-benar memotivasi kami, saya dan rekan-rekan guru, untuk terus berkolaborasi dan menjadwalkan kegiatan selanjutnya. Kami berencana untuk terus mengembangkan dan mengimplementasikan Multimedia Pembelajaran Interaktif ini, yakin bahwa itu akan memberikan manfaat yang lebih besar bagi proses belajar mengajar di sekolah kami.

Bersama Guru-Guru SMKN 2 Mantangai

Kegiatan berbagi pengalaman praktik terbaik inovasi pembelajaran dengan MPI di SMK Negeri 2 Mantangai ini berjalan dengan sukses. Para peserta menyambut inovasi ini dengan baik dan menunjukkan minat yang besar untuk menerapkannya di kelas mereka sendiri. Saya berharap pengalaman ini dapat menginspirasi para guru untuk menerapkan inovasi pembelajaran dalam kelas mereka. Inovasi pembelajaran dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.


#PusdatinKemendikbudristerk
#BLPTKemendikbudristek
#MerdekaBelajar
#PembaTIK2023
#SahabatTeknologiKemendikbudristek
#PlatformMerdekaMengajar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONVERSI SATUAN LUAS

PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS MASALAH BERBANTUAN TPACK

PENGUATAN LITERASI NUMERASI