VLOG #5 SERI BERBAGI DAN BERKOLABORASI PRAKTIK BAIK @SMPN 1 KAPUAS MURUNG KAB. KAPUAS

VLOG #5 SERI BERBAGI DAN BERKOLABORASI PRAKTIK BAIK @SMPN 1 KAPUAS MURUNG  KAB. KAPUAS

Nama Kegiatan: Pemanfaatan Platform Digital Pendidikan dalam Pembelajaran Berdiferensiasi
Hari, Tanggal: Kamis, 19 Oktober 2023
Tempat: SMPN 1 Kapuas Murung Kab. Kapuas
Jumlah Peserta: 7 orang

"Jika perahu sudah melaju
Mari kita banyak berdoa
Jika ingin negeri maju
Pendidikan harus utama"


Perkembangan teknologi telah mengubah cara kita belajar. Inovasi pembelajaran menjadi penting untuk meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu inovasi pembelajaran yang potensial adalah Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI). MPI dapat meningkatkan motivasi siswa, memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam, dan disesuaikan dengan kebutuhan individu. Dengan MPI, pembelajaran menjadi lebih menarik dan efektif.





SMPN 1 Kapuas Murung

Pada tanggal 19 Oktober 2023 Pukul 10.00-11.00 WIB, saya mempunyai kesempatan luar biasa untuk berbagi pengalaman praktik terbaik dalam inovasi pembelajaran di SMP Negeri 1 Kapuas Murung, yang terletak di Kelurahan Palingkau Lama, Kecamatan Kapuas Murung, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah. Sekolah ini lumayan jauh dari sekolah saya, perlu 50 menit perjalanan darat untuk mencapainya. Tujuan utama saya adalah untuk berbagi wawasan dan pengetahuan saya dengan para guru, dengan harapan bahwa mereka akan mendapatkan inspirasi dari apa yang telah saya lakukan, sementara saya sendiri mendapatkan masukan yang berharga.
Pemaparan Materi
  

Sebelumnya, saya telah sukses melaksanakan sesi pembelajaran yang difokuskan pada diferensiasi pembelajaran, dengan dukungan dari TPACK. Dalam pelaksanaannya, saya menggunakan alat berupa Multimedia Pembelajaran Interaktif yang telah saya buat melalui platform Canva. Pilihan saya jatuh pada Canva karena aplikasi ini sudah sangat akrab di kalangan para guru dan sangat mudah digunakan dalam proses pembuatan serta penggunaannya. Kini, saya berkesempatan untuk berbagi praktik terbaik ini dengan rekan-rekan guru, dan pada saat yang sama, memamerkan hasil karya Multimedia Pembelajaran Interaktif yang telah saya buat.

Diskusi tanya jawab

Saya diterima dengan sangat baik oleh Kepala Sekolah dan rekan-rekan guru di sana. Kebersyukuran saya semakin bertambah karena ada 7 peserta yang hadir dalam acara ini. Respons dari para guru sangat positif, mereka menyambut inovasi ini dengan antusiasme tinggi dan tangan terbuka. Mereka menunjukkan minat yang besar untuk menerapkan konsep ini dalam kelas mereka sendiri. Bersama-sama, kami berencana untuk menjadwalkan kegiatan selanjutnya, yakni pembuatan Multimedia Pembelajaran Interaktif, yang diharapkan akan memberikan manfaat yang lebih besar bagi proses belajar mengajar di sekolah ini.

Bersama Guru-guru SMPN 1 Kapuas Murung


#PusdatinKemendikbudristerk #BLPTKemendikbudristek #MerdekaBelajar #PembaTIK2023 #SahabatTeknologiKemendikbudristek #PlatformMerdekaMengajar

DAFTAR HADIR

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONVERSI SATUAN LUAS

PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS MASALAH BERBANTUAN TPACK

PENGUATAN LITERASI NUMERASI