VLOG #4 SERI BERBAGI DAN BERKOLABORASI PRAKTIK BAIK @WEBINAR KALSEL X KALTENG

VLOG #4 SERI BERBAGI DAN BERKOLABORASI PRAKTIK BAIK @WEBINAR KALSEL X KALTENG

Nama Kegiatan: Pemanfaatan Platform Digital Pendidikan dalam Pembelajaran Berdiferensiasi
Hari, Tanggal: Rabu, 18 Oktober 2023  Pukul 18.00 WIB
Tempat: googel meet
Jumlah Peserta: 73 yang hadir, 67 yang mengisi daftar hadir 

Semakin banyak sekolah di Indonesia yang menggunakan teknologi untuk pembelajaran. Menurut survei yang dilakukan oleh Kemdikbudristek, pada tahun 2021, sebanyak 72,3% sekolah di Indonesia telah menggunakan teknologi untuk pembelajaran.


Inovasi pembelajaran dapat menjadi solusi untuk mengatasi berbagai tantangan dalam pembelajaran. Inovasi pembelajaran dapat membantu guru untuk memberikan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) merupakan salah satu inovasi pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam, dan memfasilitasi pembelajaran yang adaptif. MPI adalah salah satu inovasi pembelajaran yang dapat memanfaatkan kemajuan teknologi. MPI dapat menyajikan materi pelajaran secara interaktif dan menarik. Hal ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna. Selain itu, MPI juga dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam karena siswa dapat berinteraksi langsung dengan materi pelajaran. MPI juga dapat memfasilitasi pembelajaran yang adaptif karena dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa yang berbeda-beda.


Flyer Kegiatan

Pada Hari Rabu, tanggal 18 Oktober 2023 Pukul 18.00-20.00 WIB, saya mempunyai kesempatan luar biasa untuk berbagi pengalaman praktik terbaik dalam inovasi pembelajaran secara tatap maya melalui Google meet bersama guru-guru seluruh Indonesia. Tujuan utama saya adalah untuk berbagi wawasan dan pengetahuan saya dengan para guru, dengan harapan bahwa mereka akan mendapatkan inspirasi dari apa yang telah saya lakukan, sementara saya sendiri mendapatkan masukan yang berharga.
  

Co Kapten Belajar Id


Kapten Belajar Id

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Ko-Kapten Belajar ID dan dihadiri oleh Perwakilan Duta Teknologi Kalimantan Selatan. Saya merasa sangat bersyukur karena kehadiran peserta mencapai angka 64, menjadikan acara ini begitu berarti. Respons dari para guru sangat positif, mereka dengan tangan terbuka menyambut inovasi ini dan penuh antusiasme. Mereka menunjukkan minat yang sangat besar untuk mengaplikasikan konsep ini dalam lingkungan kelas mereka sendiri.
Pemaparan Materi

Sebelumnya, saya telah melaksanakan sesi pembelajaran yang berfokus pada diferensiasi pembelajaran dan didukung oleh TPACK. Alat yang saya gunakan adalah Multimedia Pembelajaran Interaktif yang saya buat melalui platform Canva. Pilihan saya jatuh pada Canva karena aplikasi ini telah menjadi familiar bagi sebagian besar guru dan sangat user-friendly dalam pembuatan serta penggunaannya. Saya berkesempatan untuk menyampaikan praktik terbaik ini kepada para guru dan memamerkan Multimedia Pembelajaran Interaktif yang telah saya buat.


Diskusi tanya jawab

Diskusi tanya jawab


Dengan pengalaman ini, harapan saya adalah dapat menginspirasi para guru untuk lebih giat menerapkan inovasi pembelajaran di ruang kelas mereka. Inovasi pembelajaran memiliki potensi besar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar siswa.


Foto Bersama

#PusdatinKemendikbudristerk #BLPTKemendikbudristek #MerdekaBelajar #PembaTIK2023 #SahabatTeknologiKemendikbudristek #PlatformMerdekaMengajar

DAFTAR HADIR

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONVERSI SATUAN LUAS

PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS MASALAH BERBANTUAN TPACK

PENGUATAN LITERASI NUMERASI