VLOG #2 SERI BERBAGI DAN BERKOLABORASI PRAKTIK BAIK @SMPN 5 MANTANGAI KAB. KAPUAS

VLOG #2 SERI BERBAGI DAN BERKOLABORASI PRAKTIK BAIK @SMPN 5 MANTANGAI KAB. KAPUAS

Nama Kegiatan: Pemanfaatan Platform Digital Pendidikan dalam Pembelajaran Berdiferensiasi
Hari, Tanggal: Selasa, 17 Oktober 2023
Tempat: SMPN 5 Mantangai Kab. Kapuas
Jumlah Peserta: 9 orang

Dunia pendidikan terus mengalami perubahan seiring dengan perkembangan teknologi. Inovasi pembelajaran menjadi salah satu hal penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) merupakan salah satu inovasi pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna, dan memfasilitasi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

SMPN 5 Mantangai

"Bungkuslah ikan dengan kertas
Lalu ditaruh di atas talas
Jika pendidikan berkualitas
Pasti jadi bangsa berkelas"


Pada tanggal 17 Oktober 2023, saya meraih peluang istimewa untuk membagikan praktik terbaik dalam inovasi pendidikan di SMP Negeri 5 Mantangai. Terletak di Desa Manusup, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah, sekolah ini menjadi panggung bagi berbagai pengetahuan dan wawasan yang ingin saya sampaikan kepada rekan-rekan guru. Saya berharap bahwa melalui pengalaman ini, mereka akan menemukan inspirasi dalam upaya perubahan yang telah saya lakukan, sementara saya sendiri dapat meraih umpan balik yang berharga.
Pemaparan Materi


Sebelumnya, saya telah melaksanakan sebuah sesi pembelajaran yang berfokus pada dua konsep utama: diferensiasi pembelajaran dan penggunaan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). Untuk mendukung sesi ini, saya memanfaatkan alat yang sangat populer dan ramah pengguna, yakni Canva, untuk menciptakan Multimedia Pembelajaran Interaktif. Keputusan saya memilih Canva didasarkan pada kenyamanan dan kefamiliaran yang dimiliki banyak guru terhadap platform ini. Saya percaya bahwa alat yang mudah digunakan ini akan mendorong rekan-rekan guru untuk lebih aktif dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran mereka.
Diskusi tanya jawab

Sambutan hangat dari Kepala Sekolah, Ibu Titi Sauta, S.Pd, dan rekan-rekan guru di SMP Negeri 5 Mantangai sungguh membesarkan hati. Kehadiran sembilan peserta dalam acara ini memperkaya diskusi dan berbagi pengalaman ini. Respons positif dari para guru sungguh memompa semangat, mereka dengan tangan terbuka menerima inovasi ini dengan penuh semangat dan antusiasme. Begitu besar minat mereka untuk menerapkan konsep ini dalam kelas-kelas mereka sendiri, dan itu sangat menginspirasi.

Bersama Guru-Guru SMPN 5 Mantangai


Kami, saya dan rekan-rekan guru, tengah merencanakan kegiatan selanjutnya yang akan melibatkan pembuatan lebih banyak Multimedia Pembelajaran Interaktif. Kami yakin bahwa langkah ini akan memberikan manfaat yang jauh lebih besar dalam proses belajar mengajar di SMP Negeri 5 Mantangai, dan kami sangat bersemangat untuk melanjutkan perjalanan ini bersama. Saya berharap pengalaman ini dapat menginspirasi para guru untuk menerapkan inovasi pembelajaran dalam kelas mereka. Inovasi pembelajaran dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.


#PusdatinKemendikbudristerk #BLPTKemendikbudristek #MerdekaBelajar #PembaTIK2023 #SahabatTeknologiKemendikbudristek #PlatformMerdekaMengajar

DAFTAR HADIR

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONVERSI SATUAN LUAS

PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS MASALAH BERBANTUAN TPACK

PENGUATAN LITERASI NUMERASI