VLOG #12 SERI BERBAGI DAN BERKOLABORASI PRAKTIK BAIK @WEBINAR PENDIDIKAN DIGITAL #2

VLOG #12 SERI BERBAGI DAN BERKOLABORASI PRAKTIK BAIK @WEBINAR PENDIDIKAN DIGITAL #3

Nama Kegiatan: Pemanfaatan Platform Digital Pendidikan dalam Pembelajaran Berdiferensiasi
Hari, Tanggal: Rabu, 25 Oktober 2023
Tempat: Google Meet
Jumlah Peserta: 57 orang hadir, 36 isi daftar hadir

  

Warna merah sebagai tanda
Telah datang waktu senja
Dengarlah nasehat wahai ananda
Pendidikan adalah hal utama.


Ketika dunia pendidikan mengikuti irama pesatnya kemajuan teknologi, inovasi pembelajaran menjadi kuncinya. Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) muncul sebagai pilihan yang tak terelakkan, membuka pintu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, memperkaya pengalaman belajar, dan menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan setiap kebutuhan. MPI adalah tonggak penting dalam memperbaiki mutu pendidikan dan membantu siswa meraih potensi maksimalnya.
Flyer Kegiatan

Pada Hari Rabu, tanggal 25 Oktober 2023 Pukul 18.00-20.00 WIB, saya mempunyai kesempatan luar biasa untuk berbagi pengalaman praktik terbaik dalam inovasi pembelajaran secara tatap maya melalui Google meet bersama guru-guru seluruh Indonesia. Disini kami difasilitasi oleh Komunitas Sahabat Pembatik Provinsi Kalimantan Tengah. Tujuan utama saya adalah untuk berbagi wawasan dan pengetahuan saya dengan para guru, dengan harapan bahwa mereka akan mendapatkan inspirasi dari apa yang telah saya lakukan, sementara saya sendiri mendapatkan masukan yang berharga.  

Keynote Speech dari Ketua PGRI Kab.. Kapuas



Acara dibuka oleh Pak Kadeni S.Pd., M.Pd.. Beliau adalah Ketua PGRI Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah. Saya sangat bersyukur karena ada 20an peserta yang hadir dalam kegiatan ini. Respons dari para guru sangat positif, mereka menyambut inovasi ini dengan tangan terbuka dan dengan antusiasme tinggi. Mereka menunjukkan minat yang besar untuk menerapkan konsep ini dalam kelas mereka sendiri.


Pemaparan Materi


Sebelumnya, saya telah melaksanakan sesi pembelajaran yang berfokus pada diferensiasi pembelajaran dan didukung oleh TPACK. Alat yang saya gunakan adalah Multimedia Pembelajaran Interaktif yang saya buat melalui platform Canva. Pilihan saya jatuh pada Canva karena aplikasi ini telah menjadi familiar bagi sebagian besar guru dan sangat user-friendly dalam pembuatan serta penggunaannya. Saya berkesempatan untuk menyampaikan praktik terbaik ini kepada para guru dan memamerkan Multimedia Pembelajaran Interaktif yang telah saya buat.

Diskusi tanya jawab


Dengan pengalaman ini, harapan saya adalah dapat menginspirasi para guru untuk lebih giat menerapkan inovasi pembelajaran di ruang kelas mereka. Inovasi pembelajaran memiliki potensi besar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar siswa.

Foto Bersama


#PusdatinKemendikbudristerk #BLPTKemendikbudristek #MerdekaBelajar #PembaTIK2023 #SahabatTeknologiKemendikbudristek #PlatformMerdekaMengajar


DAFTAR HADIR



Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONVERSI SATUAN LUAS

PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS MASALAH BERBANTUAN TPACK

PENGUATAN LITERASI NUMERASI